Tuesday, August 4, 2015

Kiat memulai usaha ala Rumah Kue Millah

Assalamualaikum wr wb



Apa Kabar semuanya?

Perkenalkan saya Millah dari Bandung.
Aktivitas saya selain Ibu Rumah tangga, saya melakukan Coaching  untuk para wirausaha baru, Konsultan Kuliner, Trainer dan Motivator.

Saat ini saya juga buka Lembaga pelatihan Kuliner ( LPK) Rumah Kue Millah, Saya berharap dengan adanya lembaga ini bisa memberdayakan masyarakat, sehingga mereka memiliki skill atau keahlian dalam bidang kuliner.Dan mereka bisa  membuka usaha dibidang kuliner.

Saya senang jualan semenjak duduk dibangku SD, saat disekolah menengahpun saya senang jualan, termasuk ketika saya kuliah saya senang sekali berjualan dan menikmati itu, tanpa menggangu kuliah atau pembelajaran yang saya ikuti.

Ternyata itu adalah bakat yang ada dalam diri saya,  senang dalam bidang Enterpreneurship. Akhirnya inilah yang membuat saya harus bisa, kudu bisa sabisa-bisa melakukan ssesuatu yang terbaik.

Malu untuk jualan??
ya itu dulu pada saat saya masih SD, namun lama kelamaan saya tidak malu untuk jualan, apalagi kalau jualan laku, Waah senang banget.

Tahun 1999 saya bergabung di Sebuah pelatihan Santri Siap Guna ( SSG) yang diadakan di pesantren Daarut tauhiid yang dipimpin oleh KH Gymnastiar. DiSSG kami diajarkan tentang Ketauhidan, Leadership, Kemandirian dan Enterpreunership

Nah... Disanalah saya termotivasi untuk bisa mempelajari tentang enterprenership. Saya masih teringat dengan kata-kata Aa Gym

Jualan adalah pekerjaan yang halal, apakah kita akan hina dengan jualan.
justru dengan berbisnis itu 99 pintu terbuka dari mana saja.
Tidak perlu takut dihina dan dicaci maki orang.
yang takut itu kalau terhina dimata Allah SWT.



Ada  beberapa temen yang menanyakan , Bu bagaimana cara untuk memulai suatu usaha, saya masih bingung?

Nah... Disini saya akan berbagi tips bagaimana kiat memulai usaha ala Rumah Kue Millah.


Ada beberapa hal yang ingin saya sharingkan kepada teman-teman semua

1. Kejujuran

     Kejujuran adalah hal yang penting, dimanapun kita berada, kejujuran patut diutamakan.
     Karena dengan kejujuran kita akan mendapatkan kepercayaan orang.
    

2. Ulet
    
3. Tidak pernah menyerah dan terus berlatih,
    Bukan hal yang mudah bagi saya untuk bisa berhasil. awalnya saya sering gagal, namun saya coba
    bangkit lagi, gagal bangkit lagi,sampai menemukan passion yang cocok bagi saya .
    Alhamdulillah akhirnya berhasil.

4. Selalu berusaha mencari sesuatu yang terbaru terkait bidang yang ditekuni

5. Fokus
    Fokus dalam mengerjakan sesuatu, kalau kita tidak fokus . Maka sulit untuk mencapai sesuatu     dengan  hasil yang optimal

6. Mencintai apa yang menjadi fokus usaha kita, usahakan sesuai minat dan bakat yang kita miliki.

7. Tidak pernah bosan untuk terus mencoba , jika terjadi kegagalan

8. Saling berbagi ide dan belajar dari pengalaman sebelumnya untuk menghasilkan karya yang lebih bagus lagi.

9. Menjalin komunikasi yang baik dengan customer

10. Berikan pelayanan yang terbaik

11. Jangan pernah takut menerima pesanan kuliner, atau apapun sesuai usaha kita, karena itu merupakan tantangan untuk kita.

12. Selalu menjaga kualitas produksi agar pelanggan tidak kecewa

13. Mengembangkan ide-ide baru dan kreatif dalam bidang yang kita tekuni.

15. Jangan pernah berhenti untuk belajar dari siapapun, karena ilmu dan trend selalu berkembang.

16. Sabar

      SABAR adalah kata yang mudah diucapkan,namun seringkali tidak mudah diterapkan.
      Ketika kita mendapat konsumen yang rewel, suka protes, ngeyel dan lain-lain.

      Coba kita empati dan dengarkan terlebih dahulu keluhan dan masukannya, setelah kita dengarkan.
      Tanyakan apa yang bisa kita bantu?
       dan baru cari solusinya.

17. Ikhlas dan niatkan dari Allah untuk ibadah pada Allah, sehingga Allah memberikan keberkahan dalam usaha kita.
     
Dengan kiat itulah, Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan pada saya untuk mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai Wirausaha Baru Terbaik dalam hal Kuliner se Jawa Barat.
Piagam Penghargaan


Hal itu memotivasi saya untuk bisa memberikan yang terbaik dan lebih bermanfaat buat yang lainnya.

Semoga bemanfaat dan Anda termotivasi untuk bisa terjun dan berwirausaha


No comments:

Post a Comment